Menu

Wednesday, May 28, 2014

Panduan Mendapatkan Modal Usaha

Ada berbagai cara untuk mendapatkan rezeki yang halal dan banyak. Tentu untuk mendapatkan dana tunai untuk berbagai keperluan Anda.
Untuk anda yang berjiwa karyawan, Anda bisa mencari lowongan kerja di berbagai perusahaan yang sudah terkenal track recordnya, bekerja yang giat, dan mulailah mendapatkan gaji bulanan di rekening Anda.
Tapi untuk Anda yang sedikti menyukai tantangan dan berjiwa entepreneur, sebaiknya Anda mulai berpikir untuk menciptakan usaha Anda sendiri.
Memulai suatu usaha memang gampang-gampang susah. Terlebih pasti dalam pikiran Anda yang paling utama adalah: Bagaimana mendapatkan Modal dana tunai buntuk memulai usaha tersebut?
Sebenarnya ada beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha. yuk kita bahas beberapa poin untuk mendapatkan dana tunai untuk modal usaha tersebut. Siapa tau berguna untuk Anda yang sedang memikirkan untuk usaha.

Dana tunai modal usaha melalui tabungan
1. Tabungan / Dana Sendiri
Menabung / dana sendiri dapat menjadi pilihan pertama untuk mendapatkan dana tunai untuk modal usaha Anda. Jika posisi Anda sekarang adalah seorang pegawai atau mahasiswa yang masih memiliki "penghasilan tetap" baik dari gaji ataupun subsidi orangtua, coba sisihkan sebagian uang Anda untuk menabung untuk dijadikan modal usaha. Ada banyak orang yang merintis usahanya dari kecil, dan dengan modal yang kecil pula. Jika anda benar-benar tertarik berbisnis, tentu sudah mengenal nama Hendy Setiono. Bos besar PT Baba Rafi Indonesia itu juga tidak memulai usaha dengan modal ratusan juta. Menuturan penuturan Beliau di beberapa acara dan media, modal usaha ketika memulai usaha pertama kali pada tahun 2003 lalu berjumlah 4 juta rupiah. Jadi tidak ada alasan untuk memulai berbisnis ketika anda belum memiliki modal besar.
Namun ketika anda membutuhkan kriteria jumlah dana yang lebih besar untuk memulai sebuah bisnis, cara mendapatkan modal usaha dengan menabung sedikit memiliki kelemahan, yaitu waktu yang relatif lama. Berbeda jika anda sudah mulai menabung sejak tahun-tahun yang lalu, saat ini mungkin anda sudah mempunyai tabungan yang memang dipersiapkan untuk bisnis. Jika anda belum mempunyai tabungan, dan tidak memiliki cukup dana untuk memulai, jangan khawatir. “Dimana ada kemauan, disitu ada jalan”.


2. Jual diri anda
Tentu makna kata diatas bukanlah dalam arti yang sebenarnya. Tapi jika anda menyadari potensi yang ada dalam diri anda, hal ituu akan sangat membantu untuk mendapatkan modal usaha. Anda punya keahlian menjual, mengapa tidak mencoba mencari sesuatu yang bisa anda jual? Menjualkan barang orang lain bisa menjadi jalan yang tepat. Banyak orang yang bisa menghasilkan produk bagus, tetapi tidak mempunyai kemampuan menjual yang baik. Ingat, bukan berarti kita mengesampingkan “uang”, sebagai modal. Namun kita mencoba belajar dari realita, bahwa banyak calon-calon pengusaha yang bahkan tidak sempat merasakan bangkrut karena tidak pernah mencoba. Coba lihatlah sekeliling anda. Apa yang bisa anda jual ke orang lain tanpa memerlukan modal?
Apalagi dalam dunia internet sekarang ini, banyak peluang yang bisa anda manfaatkan dengan menjual diri anda. Anda bisa menjual produk yang berada di sekeliling anda melalui internet. Tentu orang akan menerima dengan senang hati, ketika ada yang ingin menjualkan produknya. Be Creative !
Lalu jika anda tidak mempunyai kemampuan menjual? Bukan masalah, apapun kemampuan yang anda miliki bisa anda jual jika anda mau berfikir keras dan tetap stay focus. Anda pandai berbahasa Inggris, Mandarin, Jepang, Perancis? Itu adalah asset. Manfaatkan untuk mendapatkan uang.
mendapatkan dana tunai dengan menjual diri



3.  Investor
Langkah ini memang sedikit lebih sulit. Tapi jika anda berhasil mendapatkannya, akan sangat bermanfaat buat bisnis anda kedepannya. Saya punya seorang teman yang berhasil menjalankan cara ini. Umurnya 22 tahun, punya konsep dan ide bisnis yang nggak begitu unik, tetapi dia perhitungkan secara matang bagaimana jalannya usaha tersebut sampai 3 tahun mendatang. Dia menyodorkan proposal ke saya, berisi business plan yang cukup matang. Dia mendatangi teman-teman yang sekiranya mempunyai minat bisnis, mengajak bertemu dengan baik dan dalam suasana kepentingan bisnis. Bukan sekedar main atau ngobrol. Dia juga bercerita mendatangi beberapa orang yang sudah dianggap sangat mapan, untuk menggelontorkan modal.
Lihatlah bahwa kemampuan manajerial juga bisa menjadi modal anda dalam melakukan bisnis. Bahkan anda tidak harus melakukan pekerjaan-pekerjaan teknis. Yang perlu diwaspadai adalah ketika anda mencari investor dari saudara atau teman. Karena rentan sekali terjadi perselisihan di waktu mendatang jika bisnis yang dijalankan telah cukup berhasil. Meskipun dengan saudara, atau teman karib, jangan lupa hitam diatas putih harus selalu ada.

4. Kerjasama bagi hasil
Cara ini juga ditempuh banyak orang yang tidak memiliki banyak modal untuk menjalankan usahanya sendiri. Berbeda dengan investor yang hanya menerima laporan, kerjasama bagi hasil biasanya melibatkan pihak-pihak terkait dalam urusan usaha. Kecuali ada perjanjian-perjanjian tertentu dari awal. Misalnya, anda mempunyai ide bisnis kos-kosan. Anda baru memiliki sebidang tanahnya saja, dan belum ada dana untuk membangun kos-kosan itu. Mengapa anda tidak berusaha mengajak orang lain bekerja sama untuk membangunkan rumah kos di tanah anda? Jika tempat yang anda miliki strategis, saya rasa investor pun akan tertarik menanamkan modalnya.
dana tunai modal usaha dengan investor dan kerjasama




5. Pinjaman / Hibah
Meminjam uang adalah cara mendapatkan modal usaha lainnya. Anda bisa meminjam kepada sanak saudara, teman, atau instansi seperti koperasi dan bank. Cara ini mempunyai kelebihan dan kekurangan tentunya. Kelebihannya, anda bisa mendapatkan modal usaha dengan cepat jika anda termasuk orang yang dipercaya. Kekurangannya, anda akan mendapatkan beban ketika merintis usaha. Namun jika anda memang sudah memikirkan baik-baik soal pinjaman modal usaha itu, tidak ada salahnya dicoba. Yang pasti jangan lupa perhitungan diatas kertas, berapa lama anda bisa mengembalikan semua pinjaman? Berapa kira-kira setoran per bulan? Sesuaikan dengan jenis bisnis yang ingin anda kembangkan beserta kondisi anda saat ini.
Untuk hibah, anda perlu mencari informasi ke perusahaan-perusahaan yang mungkin memberikan dana hibah ke lingkungan sekitar, atau juga informasi ke instansi-instansi pemerintah yang sesuai dengan bidang bisnis yang akan anda jalankan. Biasanya ada program-program untuk membantu usaha kecil dan menengah yang ingin berkembang.
Salah satu jenis pinjaman adalah pinjaman dengan agunan. Apabila Anda memiliki agunan berupa mobil atau motor, maka cobalah untuk mendapatkan dana tunai dengan mengagunkan BPKB mobil / motor Anda. Keuntungannya adalah bunga yang dibebankan kepada Anda lebih kecil dibandingkan dengan melakukan pinjaman tanpa agunan, karena pihak Bank sudah menghitung faktor resiko yang lebih kecil, sehingga beban bunga yang diberikan kepada Anda pun jadi lebih kecil. Keuntungan lainnya adalah mobil/motor yang diagunkan BPKBnya masih tetap dapat Anda gunakan, karena yang diagunkan / dijaminkan hanyalah BPKBnya saja, sednagkan unitnya dapat tetap Anda gunakan.
Nah, untuk kriteria terakhir ini, apabila Anda membutuhkan dana tunai dengan menjaminkan BPKB mobil / motor anda dapat berkonsultasi dengan saya di 081251063107 atau via pin BBM 2AB4CD73. Saya akan mengarahkan Anda untuk melakukan pinjaman pada Bank / leasing terpilih dengan bunga teringan dan syarat termudah dengan nilai pencairan yang besar untuk unit yang Anda jaminkan.

Demikian sedikit cara mendapatkan modal dana tunai untuk keperluan modal usaha Anda. Semoga membantu.

2 comments:

  1. Apakah Anda berpikir untuk mendapatkan bantuan keuangan, Apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak, apakah Anda berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri, Anda berada di utang, ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda karena kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, dan perusahaan pinjaman, dan semua jenis pinjaman pada tingkat bunga 2%, kami menjamin semua klien berharga kami bahwa mereka akan mendapatkan semua pinjaman masing-masing dan menjadi bulan dengan senyum di wajah mereka.
    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email {} gloryloanfirm@gmail.com

    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________
    Ibu Glory

    ReplyDelete
  2. Saya Ibu Heather Whitte, sebuah perusahaan pinjaman pinjaman pribadi. Kami sedang dan mengkhususkan diri dalam memberikan sebuah akhir pinjaman tahun, pinjaman Natal, pinjaman tahun baru bagi Anda untuk membayar setiap pinjaman koperasi bahwa Anda berada pada saat kita memberikan pinjaman kesempatan seumur hidup bagi Anda untuk membayar tagihan Anda dan utang pribadi dan Anda memiliki bisnis. pinjaman yang diberikan kepada individu dan perusahaan di start-up sebesar 2%. Jadi hubungi kami hari ini melalui email: (qualityloanfirms@asia.com)
    (heatherwhiteloanltd@gmail.com). Datang dan pengalaman perbedaan dalam layanan kami.

    ReplyDelete